SELAMAT DATANG DIBLOG BEJOSENTOSO

Rabu, 01 Februari 2012

Jangan mengeluh

Jangan Mengeluh. Itulah kata-kata yang sering saya ucapkan ke diri sendiri. Untuk urusan yang satu ini saya agak keras pada diri sendiri. Alasannya? Bila kita telah mengambil keputusan untuk bertindak atau untuk tidak bertindak dan saat ini sedang menghadapi konsekuensinya, maka hadapilah dengan sebaik-baiknya. Mengeluh tidak menjadikan persoalan kita beres! Ada orang yang mengatakan mengeluh itu hak saya! Kenapa saya tidak boleh mengeluh? Tentu saja boleh. Hanya dari pengalaman saya, mengeluh itu hanya menjadikan kita lemah dan menguatkan afirmasi bahwa kita tidak berdaya. Afirmasi adalah pernyataan yang kita ucapkan ke diri sendiri (self talk). Pernyataan ini mampu menguatkan dan mencerahkan, mampu juga berbuat hal yang sebaliknya. Bila kita mengerti bagaimana benak bawah sadar bekerja, maka hindari afirmasi negatif semacam keluhan. Jika afirmasi ini terus menerus anda ucapkan pada diri sendiri maka ia akan menetap di bawah sadar. Lama-kelamaan menjadi mindset. Mindset membentuk habit / kebiasaan. Habit menjadi karakter. Karakter menentukan nasib anda. Orang yang sering mengeluh tanpa ia sadari telah membentuk dirinya sedemikian rupa dan pada akhirnya ia juga yang membawa nasib buruk dalam kehidupannya! Tidak percaya? Mulailah mengeluh tentang apa saja. Tentang pekerjaan, tentang tubuh anda, tentang situasi rumah tangga, keuangan, anak-istri, orangtua, teman-teman, dll. Mulai mengeluh sekarang dan keluhan-keluhan itu menjadi mindset yang jauh berakar di bawah sadar. Mulailah mengeluh dan lihat ke mana arah nasib anda! Karena itulah saya agak keras pada diri sendiri. Dilarang Mengeluh! Lalu bagaimana jika kita cenderung selalu mengeluh?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar